Rabu, 16 November 2016

Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

mahar koin by Gubug Imajinasi Kudus
Hai, ketemu lagi sama Gubug Imajinasi setelah lama ngga ngepost, harap maklum, ya, admin juga sibuk kerja yang kerjanya ngga jauh-jauh dari masalah internet, blogging, writing, dan sebagainya. Nah, kali ini, admin Gubug Imajinasi Kudus akan membahas tentang persiapan-persiapan yang harus dilakukan menjelang pernikahan.

Sudah bukan hal baru memang membicarakan pernikahan, mungkin dari kecil sudah akrab dengan acara pra-nikah karena kakak, paman, om, tante, atau anggota keluarga lain menjalani prosesi pernikahan dan kamu terlibat di dalamnya. 

Tapi, sebenernya, apa aja sih, yang perlu disiapkan sebelum menikah? Ribet ya? Jelaaasssss!! Hehe.. Tapi karena ribetnya itulah, membuat pernikahan yang sejatinya sakral ini jadi lebih berkesan. Nah, yuk disimak beberapa persiapan-persiapan pernikahan di bawah ini :

  • Calon suami atau istri. Nah ini yang paling pertama, sebelum menikah wajib punya calon, ya😝 Karena tanpa calon suami atau istri, ngga akan deh terjadi sebuah pernikahan yang benar. Beberapa kasus yang aneh terjadi di beberapa negara, yaitu nikah sama pohon, sama mobil, bahkan sama pizza! Jangan sampai kamu jadi salah satu dari mereka ya😉
  • Restu orangtua. Ini ngga kalah penting, karena apa? Tanpa restu orangtua, semua tidak akan berjalan baik. Jika orangtuamu ngga merestui, carilah alasan mereka kenapa ngga kasih restu, lalu cari deh cara buat ambil hati orangtua kalian supaya merestui hubungan kalian dan pacar kalian biar bisa ke jenjang yang lebih serius. Jangan lupa, introspeksi diri juga, yaa.. Mungkin orangtua ngga setuju karena dinilai ada yang kurang baik buat kalian. Ayo tetap semangat💕💕
  • Tanggal Pernikahan. Nah, jika sudah dapat restu, step berikutnya adalah cari tanggal. Tanggal pernikahan sebenernya flexible sih, cuma untuk beberapa orang dan terlebih lagi untuk beberapa daerah, tanggal pernikahan harus dipersiapkan dengan benar dan ngga boleh asal-asalan. Karena sebagian besar berpendapat bahwa tanggal pernikahan bisa mempengaruhi kehidupan kedua mempelai di masa yang akan datang.  
  • Mahar atau maskawin. Ini yang paling penting, mahar atau maskawin dalam pernikahan adalah simbol pemberian yang menandakan seorang wanita telah bersedia dipinang dengan mahar yang diberikan oleh calon pengantin prianya. Mahar atau maskawin pernikahan ngga perlu terlalu banyak, atau terlalu mewah, kok. Yang penting memiliki makna, dan juga nilai guna bagi kedua mempelai.
  • Perlengkapan pesta. Apa aja yang termasuk perlengkapan pesta pernikahan? Ada gaun pengantin, dekorasi pelaminan, jamuan makan para tamu, souvenir, dan masih banyak lagi. Kelihatan ribet, sih, tapi sebenernya Kamu bisa serahin semua ke Wedding Organizer, kok.. Dan untuk urusan gaun dan lain-lain, sekarang sudah banyak persewaan yang menyediakan gaun pengantin yang bagus, mulai dari sderhana, sampai yang mewah, mau adat apa aja pun ada.
  • Prosesi pra-nikah. Ini dia, jika di budaya atau keluargamu mengenal prosesi pra-nikah entah itu selamatan, midodareni, atau lain-lain, jangan lupa dipersiapkan juga demi kesakralan pernikahan kalian esok harinya. Tapi biasanya prosesi pra-nikah sudah menjadi kewenangan para orangtua, ayah, ibu, paman, bibi, dan sesepuh-sesepuh lainnya. Jangan lupa diikuti prosesinya secara khidmat, biar semuanya bisa berjalan lancar.
  • Mental dan fisik. Mental dan fisik ini seharusnya ada di poin pertama, sih. Cuma, yang namanya memutuskan untuk menikah, berarti kan tau apa aja konsekuensi, resiko, dan semua yang harus diterima dan dijalani, baik sebelum atau setelah menikah. Untuk itu, gemblenglah mental dan fisik Kamu sendiri jika sudah memiliki rencana menikah, supaya Kamu bisa jadi suami atau istri yang tangguh buat pasanganmu. Ingat, menikah itu ngga hanya untuk satu atau dua tahun, loh.
Nah, itu aja sih sebenernya yang perlu disiapkan untuk pernikahan Kamu. Sudah semua? Atau ada yang kurang? Tenang, urusan Mahar Pernikahan, serahin aja sama Gubug Imajinasi Kudus, dijamin mahar atau maskawin pernikahanmu bakal beda dari yang lain.

Gimana, sudah siap menikah? Atau masih pikir-pikir dulu? Jangan terburu-buru ya, karena pernikahan tanpa persiapan yang matang biasanya akan membuat Kamu bingung kedepannya. Tenang aja, kalo jodoh ngga kemana, kok.. 💕😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About