Minggu, 17 April 2016

Mahar Unik Menggunakan Teknik Paper Quilling


Paper Quilling telah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dahulu namanya adalah paper filigree atau roll work. Di negara Perancis dan Italia pada masa itu, seni paper quilling ini digunalan oleh para biarawan untuk menghiasi ornamen yang bersifat keagamaan. Sedangkan di Inggris, seni ini terkenal pada zaman Victorian, masa Raja George III. Saat itu, putri raja sangat menggemari seni ini sehingga ia dikenal dengan roll work-nya. 

Putri tersebut rajin memberi hadiah kepada teman-temannya berupa benda-benda yang telah diberi hiasan paper filigree. Hadiah pemberiannya yang paling terkenal, yaitu kotak perhiasan. Dari Eropa, seni ini berkembang ke benua Amerika. Penggunaannya tidak lagi terbatas pada ornamen² religius, tetapi mulai digunakan untuk menghiasi bermacam benda, seperti kotak perhiasan, perabotan, baki, & tatakan gelas.

Pada pertengahan abad ke-20, seni menggulung kertas ini mulai dikenal oleh masyarakat luas dengan nama paper quilling. Keindahannya telah membuat pecinta seni & craft mengembangkannya dengan design yang indah & menjadikannya hiasan untuk kartu, pigura, dll. Di Indonesia, seni ini mulai meluas. Awalnya memang tidak begitu populer karena terbatasnya kertas siap pakai dalam beberapa ukuran dengan warna yang terbatas sehingga hanya bergantung pada kertas impor. Namun, sekarang sudah tersedia kertas lokal dalam berbagai ukuran & warna yang sangat menarik.

Mahar Bentuk Wayang dengan Teknik Paper Quilling oleh Gubug Imajinasi Kudus

Seiring berkembangnya zaman, teknik paper quilling menjadi salah satu teknik dalam menghias mahar atau maskawin. Karena tidak diragukan lagi keindahan dan nilai seninya, banyak orang yang memilih mahar dengan teknik hias paper quilling sebagai pelengkap moment istimewa mereka.

Salah satunya adalah seperti contoh di atas, untuk mahar pernikahan bentuk wayang seperti contoh di atas, Anda bisa memesan berbagai macam ukuran, tipe frame (figura), dan bentuk tokoh wayang. Mahar pernikahan bentuk wayang di atas menggunakan tokoh Arjuna dan Srikandi dengan ukuran 50x50cm.

Anda berminat menggunakan jasa Kami untuk momen istimewa Anda?
Silakan kunjungi bengkel produksi kami di :
Undaan Kidul Gg. 3B
Undaan - Kab. Kudus
Jawa Tengah, Indonesia
kontak kami di 085641354050 / 085664444744 (SMS & Whatsapp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About